Headlines

Sekolah Kupang adalah salah satu sekolah yang unik di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai sekolah tersebut, serta apa yang membuatnya berbeda dari sekolah-sekolah lainnya.


Sekolah Kupang adalah salah satu sekolah yang unik di Indonesia. Terletak di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, sekolah ini telah menarik perhatian banyak orang karena pendekatan pendidikan yang berbeda dari sekolah-sekolah lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Sekolah Kupang dan faktor-faktor yang membuatnya unik.

Sekolah Kupang, juga dikenal sebagai “Sekolah Pedalaman NTT” atau “Sekolah di Atas Batu”, berdiri sebagai upaya untuk memberikan pendidikan yang bermutu bagi anak-anak di daerah terpencil dan sulit dijangkau di Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini didirikan pada tahun 2009 oleh seorang guru bernama Yohanes Rura. Dalam upayanya untuk membawa pendidikan kepada anak-anak di pedalaman, Rura membangun sebuah sekolah yang berbeda dari sekolah-sekolah konvensional.

Salah satu faktor yang membuat Sekolah Kupang unik adalah lokasinya yang terpencil dan sulit dijangkau. Sekolah ini terletak di sebuah desa yang berada di atas batu dan hanya dapat dicapai melalui perjalanan yang melelahkan. Namun, meskipun jauh dari pusat perkotaan, Sekolah Kupang berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa-siswanya.

Selain lokasinya yang unik, Sekolah Kupang juga memiliki kurikulum yang berbeda dari sekolah-sekolah lainnya. Mereka menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih praktis dan berbasis kehidupan sehari-hari. Siswa diajak untuk belajar melalui pengalaman langsung, seperti berkebun, beternak, atau melakukan kegiatan di alam terbuka. Pendekatan ini bertujuan untuk menghubungkan pengalaman di sekolah dengan kehidupan nyata siswa di desa.

Sekolah Kupang juga memiliki fasilitas yang sederhana namun berfungsi dengan baik. Mereka menggunakan ruang kelas berdindingkan bambu dan atap rumbia yang tradisional. Meskipun sederhana, ruang kelas ini memberikan suasana yang nyaman dan alami bagi siswa-siswa Sekolah Kupang.

Sekolah ini juga menekankan pentingnya pendidikan karakter. Mereka mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, dan rasa saling menghargai. Selain itu, Sekolah Kupang juga memberikan perhatian khusus terhadap kelestarian lingkungan. Mereka mengajarkan siswa-siswanya tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan sekitar mereka.

Meskipun Sekolah Kupang memiliki tantangan dalam hal sumber daya dan infrastruktur, mereka tetap teguh dalam misi mereka untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi anak-anak di daerah terpencil. Upaya mereka telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk media nasional dan internasional.

Sekolah Kupang adalah contoh nyata bahwa pendidikan berkualitas dapat diakses oleh semua anak-anak, tanpa memandang lokasi dan kondisi geografis. Melalui pendekatan yang unik dan berbeda, Sekolah Kupang berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi bagi siswa-siswanya. Mereka adalah inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia untuk berinovasi dan menghadirkan pendidikan yang lebih baik bagi generasi muda.

Referensi:
1. Tempo:
2. Detik:
3. Kompas: