Headlines

Peran Sekolah Tanjungpinang dalam Memasyarakatkan Literasi dan Pendidikan Karakter – Artikel ini membahas upaya Sekolah Tanjungpinang dalam memasyarakatkan literasi dan pendidikan karakter di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.


Peran Sekolah Tanjungpinang dalam Memasyarakatkan Literasi dan Pendidikan Karakter

Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi yang cerdas, berwawasan luas, dan memiliki karakter yang baik. Salah satu sekolah yang aktif dalam memasyarakatkan literasi dan pendidikan karakter adalah Sekolah Tanjungpinang di kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Sekolah Tanjungpinang memiliki program-program yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pendidikan karakter di antara siswa-siswinya. Salah satu program yang dilakukan adalah pembentukan klub literasi dan karakter di sekolah. Dalam klub ini, siswa diajak untuk membaca buku-buku dan mendiskusikan nilai-nilai karakter yang mereka pelajari.

Tidak hanya itu, Sekolah Tanjungpinang juga aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan siswa dalam memasyarakatkan literasi dan pendidikan karakter. Misalnya, mereka sering mengadakan kegiatan donor darah, bakti sosial, dan kampanye anti narkoba yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki karakter yang baik.

Selain itu, Sekolah Tanjungpinang juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti perpustakaan umum, komunitas literasi, dan lembaga pendidikan lainnya untuk meningkatkan literasi dan pendidikan karakter di masyarakat sekitar. Mereka juga sering mengadakan seminar dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya literasi dan pendidikan karakter.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh Sekolah Tanjungpinang, diharapkan bahwa generasi muda Tanjungpinang akan menjadi generasi yang cerdas, berwawasan luas, dan memiliki karakter yang baik. Sehingga, mereka dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran Sekolah Tanjungpinang dalam memasyarakatkan literasi dan pendidikan karakter sangatlah penting dalam membentuk generasi yang berkualitas. Semoga upaya mereka dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya.

Referensi:
1. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Panduan Pendidikan Literasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Supriyanto, A. (2017). Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.