Headlines

Pendahuluan:


Pendahuluan – Mengenal Lebih Jauh Istilah dan Fungsinya

Pendahuluan adalah bagian awal dari suatu tulisan atau karya yang berfungsi sebagai pengantar untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas. Dalam konteks ini, pendahuluan sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah, makalah, laporan, atau bahkan artikel seperti ini. Di Indonesia, pendahuluan juga dikenal dengan sebutan “pengantar” atau “pembuka”.

Pendahuluan memiliki peran penting dalam sebuah tulisan. Fungsi utamanya adalah memperkenalkan topik yang akan dibahas secara singkat, memberikan gambaran umum tentang masalah yang akan diangkat, menarik minat pembaca, serta memberikan latar belakang yang relevan. Dengan adanya pendahuluan yang baik, pembaca akan memiliki pemahaman awal yang cukup untuk melanjutkan membaca seluruh tulisan.

Ada beberapa elemen penting yang harus ada dalam pendahuluan. Pertama, judul atau topik tulisan harus jelas dan mudah dipahami sehingga pembaca dapat memperoleh gambaran umum tentang apa yang akan dibahas. Kedua, latar belakang masalah harus dijelaskan secara singkat untuk memberikan konteks yang relevan. Ketiga, tujuan penulisan harus disampaikan dengan jelas agar pembaca mengetahui apa yang ingin dicapai melalui tulisan tersebut.

Selain itu, pendahuluan juga dapat berisi beberapa hal seperti permasalahan yang akan dipecahkan, metode atau pendekatan yang akan digunakan, serta manfaat atau kontribusi yang diharapkan dari tulisan tersebut. Pendahuluan yang baik juga harus mampu menarik minat pembaca dengan menggunakan gaya penulisan yang menarik dan informatif.

Referensi yang relevan dapat digunakan untuk mendukung pendahuluan tulisan. Referensi ini dapat berupa literatur, penelitian, atau sumber informasi lainnya yang terkait dengan topik yang akan dibahas. Penggunaan referensi yang baik akan memberikan kekuatan pada pendahuluan dan memberikan legitimasi pada argumen yang akan disampaikan.

Dalam penulisan pendahuluan, ada beberapa referensi yang dapat digunakan untuk memperkaya konten tulisan. Berikut adalah beberapa referensi yang relevan untuk memahami konsep dan fungsi pendahuluan:

1. Suryabrata, S. (2008). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
2. Suparno, P. (2008). Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Penerbit Bina Media Informasi.
3. Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa: Pendekatan Kontekstual. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
4. Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dengan memahami konsep dan fungsi pendahuluan serta menggunakan referensi yang relevan, penulis dapat menghasilkan pendahuluan yang baik dan menarik bagi pembaca. Pendahuluan yang kuat akan memberikan landasan yang solid untuk melanjutkan penulisan dengan baik dan memberikan pemahaman yang jelas kepada pembaca mengenai topik yang akan dibahas.